Terima Kasih Meluangkan Waktunya, Keep Smile. #LegendPao

JAMAN DULU VS JAMAN NOW



Legend Pao - Oke sahabat pao semuanya, kali ini saya akan membahas mengenai orang-orang yang lahir ditahun 1900 - 1999 atau 1 abad lah (abad ke 20). Pada abad itu banyak sekali peristiwa-peristiwa penting dunia terjadi, diantaranya adalah Perang Dunia 1 dan 2 yang nantinya akan kita ketahui situs-situs peninggalan perang besar pada saat itu dan salah satunya adalah bekas lokasi jatuhnya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki jepang.
Dan juga ada kejadian runtuhnya Khilafah di tahun 1924, proklamasi untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1945. Diabad itu juga lahir manusia-manusia yang membawa perubahan untuk bangsa ini dan saya bangga lahir di era penuh dengan kesederhanaan ini, era digital dimulai pada tahun 2000an keatas. Permainan anak-anak ditahun 90an masih unik dan bagus, permainan yang masih saya ingat adalah kasti (kriket), kerambol, petak umpet, benteng takhesi, kelereng, wayang-wayang, dan cangke.
Mungkin kamu juga lahir sebelum tahun 2000, ada banyak sekali yang hilang dari tahun itu untuk bisa dimainkan juga oleh anak sekarang dimana digital telah merampas masa kecil anak kita. Mulai bangun tidur mereka sudah memegang smartphone hingga nantinya menjelang tidur pun masih sibuk dengan smartphone, laptop, dan lainnya. Kehidupan mereka yang masa kecilnya penuh dengan smartphone takkan ada yang menarik untuk dikenang dan diceritakan kelak kepada penerus mereka nantinya karena semuanya serba digital, kita ketahui di era digital kita disuguhkan pelayanan yang instan tanpa ada usaha sebagai langkah awal dimulainya perangsangan atau stimulasi ke otak untuk berfikir mencari pemecahan masalah yang tepat, kreatif, dan inovatif. Memang di era digital ada permainan untuk anak kecil namun tak melatih ketangkasan tubuh karena permainannya hanya menggunakan jempol dan menatap layar berbeda dengan permainan yang hampir punah dijaman 1999 kebawah dimana permainan masa kecil melatih kerja sama tim, pemecahan masalah, ketangkasan tubuh dan ada juga olahraga bagi tubuh bila permainannya kejar-kejaran.
Dimasa remaja hingga dewasa juga berbeda jauh antara era 1999 kebawah dengan era 2000 keatas, di era digital perpesanan sudah memakai alat dan difasilitasi media sosial jadi sampainya cepat, di era 1999 kebawah beda lagi soal perpesanan yang hanya bisa memakai jasa kantor pos dan adapun telegram namun hanya segelintir orang yang memakainya, tak jarang dalam masa menunggu surat tiba di rumahnya mereka membuat sajak atau puisi yang tentu saja sangat bagus bila mereka sedang dilanda jatuh cinta.
Semuanya punya masa tersendiri dan kenangan indah pada masanya sendiri, masih banyak peristiwa di tahun 1999 kebawah yang sebenarnya sangat bagus untuk dilakukan namun terhapus oleh jaman digital dan bukan berarti era digital tak banyak manfaat, malah semua urusan terbantu dengan digital namun yang saya tekankan bahwa jaman dulu semuanya terasa indah melalui berbagai macam peristiwa yang dilakukan secara mandiri tanpa bantuan digital, masih banyak peristiwa yang bisa saya tuliskan namun kesanggupan saya cuman sampai disini.
Semoga dilain waktu saya bisa menulis lanjutan dari tulisan ini, terima kasih banyak 😅

Related : JAMAN DULU VS JAMAN NOW

0 Komentar untuk "JAMAN DULU VS JAMAN NOW"

KRITIK DAN SARAN ADA? ATAU INGIN BERBAGI CERITA? CARI JODOH? SEDIA DIKOLOM KOMENTAR